New York (24/5). Setelah enam kali lakukan uji penerbangan, pesawat antartika Virgil Galactic milik Sir Richard Branson untuk pertama kalinya bisa memungkinkan terbang secara komersial dan juga bisa digunakan untuk wisata ke luar angkasa. Pesawat tersebut mampu terbang dengan ketinggian 89KM (55 mil) dan dapat meluncur kembali ke bumi.

Sekitar 600 orang termasuk bintang film dan musik telah membayar Sir Richard. Dan mereka tertarik untuk melakukan perjalanan menggunakan kendaraan Unity untuk wisata ke luar angkasa, pilot Dave Mackay dan CJ Sturckow sebagai pengendali.

Namun, mereka dapat terbang menggunakan Unity setelah dilisensikan sepenuhnya. Diperkirakan lisensi Unity akan selesai pada akhir tahun. Proses perizinan adalah tanggung jawab Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA).

Sebelumnya upaya penerbangan wisata ke luar angkasa di bulan Desember gagal sebab terjadi masalah interfensi elektronik. Kini, Unity akan menerima data operasional dan kinerja dari serangan mendadak di atas gurun New Mexico.

Berapa Ketinggian yang Dicapai Virgil Galactic?

Pesawat milik Sir Richard, Unity, terbang mencapai 13KM oleh pesawat “induknya”, Eve, sebelum dilepaskan untuk menyalakan motor roketnya. Pesawat itu mencapai kecepatan tiga kali lipat dari suara (March 3) sepanjang perjalanannya untuk dapat wisata ke luar angkasa.

Unity telah melakukan enam kali pendakian bertenaga super dalam progam uji selama lima tahun. Penerbangan yang ini sangat penting karena merupakan demontrasi pertama yang akan menjadi rumah operasionalnya. Tempat itu dibangun khusus yang dikenal sebagai Spaceport America.

Eve carrier dan pesawat roket Unity
keterangan gambarUnity terlihat naik ke angkasa dari perspektif pesawat pembawa Eve

“Itu adalah pengalaman yang indah dan elegan,” kata Sir Richard, yang sedang menonton dari bawah.

“Kami memiliki latar belakang New Mexico, pegunungan dengan Matahari muncul; kami dapat melihat pesawat ruang angkasa dengan jelas dari tanah yang langsung naik. Dan, ya, membakar, membakar, membakar, hingga akhirnya menghilang ke luar angkasa,” pengusaha mengatakan kepada BBC News.

Tepi ruang
keterangan gambarPandangan Unity tentang kegelapan ruang dan kelengkungan Bumi

Sekitar empat karyawan Virgin Galactic Sir Richard akan bergabung dengan pilot untuk ikut merasakan pengalaman yang luar biasa wisata ke luar angkasa menggunakan Unity pada penerbangan berikutnya. Selain itu, pemilik Unity, Sir Richard akan mencobanya sendiri sebagai pernyataan kesiapan untuk layanan komersial.

Sir Richard berharap penerbangan wisata ke luar angkasa berikutnya, perusahaan mulai mendapatkan pendapatan. Angkatan Udara Italia akan menempatkan beberapa spesialis muatan di Unity untuk mengawasi sejumlah eksperimen gaya berat mikro.

Krisis Covid-19 menghalangi kemajuan perusahaan selama setahun terakhir. Hal itu merupakan tantangan terbesar bagi para insinyur Virgin Galactic untuk membawa sistem ke tempat yang mereka inginkan. Tetapi CEO Michael Colglazie mengatakan proyek itu sekarang berada di jalur yang benar, terutama yang berkaitan dengan perizinan FAA.

“Itu adalah penerbangan yang sempurna. Kami akan mengambil datanya dari kapal dan memberikannya kepada FAA. Itu akan menjadi pekerjaan rumah kami yang diserahkan. Kami yakin sekarang kami telah mengumpulkan semua yang kami butuhkan untuk poin akhir pada iklan kami, lisensi, ” jelasnya.

Meluncurkan
keterangan gambarJeff Bezos akan memulai layanan pariwisata komersial pada bulan Juli

Lebih dari satu dekade terakhir wisata ke luar angkasa absen dan kini akan menjadi bisnis yang sangat kompetitif. Sekitar tujuh milyader dibayar untuk mengunjungi Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) sepanjang tahun 2000-an. Namun, petualangan yang berada di bawah perlindungan badan antariksa Rusia, berhenti pada tahun 2009.

Kini, selain pendekatan Sir Richard juga ada proyek yang datang dari pendiri Amazon.com, Jeff Bezos dan pengusaha teknologi California, Elon Musk yang menumbuhkan inisiatif baru dalam bisnis pariwisata luar angkasa. Selain itu, Rusia pun mengulangi penerbangan komersialnya ke ISS serta ada pihak yang akan meluncurkan stasiun luar angkasa pribadi untuk dikunjungi.

Salah satunya adalah Axiom yaitu yang merupakan perusahaan pariwisata luar angkasa yang dimulai oleh mantan manajer program ISS NASA. Sir Richard mengatakan kini dirinya tengah sibuk mempersiapkan diri untuk penerbangan angkasa pada akhir tahun.

“Saya akan menjalani pelatihan sepanjang hari besok. Dan, ya Tuhan, saya menantikannya. Ini sangat mengasyikkan. Kepala astronot kami Dave Mackay baru saja menoleh kepada saya dan berkata, ‘Richard, kamu akan menyukai itu’, ” katanya kepada BBC News.

Leave a Reply

Your email address will not be published.