Bandung – Indonesia merupakan negara yang memiliki ribuan tempat wisata yang memanjakan setiap pengunjungnya, dari Sabang hinggau Merauke. Ketika mau plesiran, wisatawan lokal maupun mancanegara selalu mencari rekomendasi tempat wisata yang paling menarik seperti pantai, laut, hutan, pegunungan, pusat perbelanjaan, tempat bersejarah dan lain sebagainya.

Dari 34 provinsi di Indonesia, masing-masing menawarkan keindahannya tersendiri, panoramanya yang indah akan menjadikan wisatawan berkeinginan mengujunginya kembali. Seperti misalnya di Provinsi Jawa Barat, ada satu wilayah yang menjadi tujuan wisata. Dimanakah wilayah itu? Ya, tepat sekali, Bandung. Kota yang disebut sebagai Kota Kembang itu memiliki banyak sekali tempat wisata yang rekomended.

Bagi Anda yang berniat untuk berlibur ke Bandung, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata yang cocok untuk Anda.

  1. Gedung Sate
Rekomendasi Tempat Wisata
Gedung Sate, Kota Bandung

Rekomendasi tempat wisata di Bandung yang pertama adalah Gedung Sate. Menurut sebagian orang, ke Bandung belum terasa lengkap tanpa mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Gedung Sate merupakan bangunan peninggalan pemerintah kolonial Belanda ini merupakan ikon Bandung.

Bagi Anda yang mau berkunjung ke tempat ini, tak perlu khawatir karena Anda bisa menikmati liburan dengan gratis.

Lokasi: Jl. Diponegoro No.22, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat

2. Gunung Tangkuban Perahu

Rekomendasi Tempat Wisata
Tangkuban Perahu

Selain Gedung Sate, tempat wisata yang satu ini juga dianggap sebagai ikon Bandung. Tangkuban Perahu menjadi primadona para wisatawan karena memiliki panorama yang indah. Karena itu Anda harus mampir ke sini kalau pelesir ke kota kembang.

Gunung Tangkuban Parahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya.

Bagi Anda yang mau berkunjung ke Tangkuban Perahu dikenakan tarif: Rp7.000,00 (weekdays), Rp10.000,00 (weekend)

Lokasi: Cikahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

3. Sungai Palayangan

Rekomendasi Tempat Wisata
Sungai Palayangan

Rekomedasi tempat wisata berikutnya adalah Sungai Palayangan. Sungai yang berada sekitar 45 Km dari pusat Kota Bandung itu merupakan lokasi arung jeram (rafting) paling populer dan menyenangkan di Bandung. Tempat wisata yang satu ini memiki kelebihan antara lain, tidak ada banjir bandang, dan sumber air yang relatif stabil.

Bagi yang liburannya membawa anak, minimal usia 10 baru bisa masuk ke arum jeram tersebut. Adapun tarifnya adalah minimal Rp135.000,00 (dengan 5 orang peserta)

Lokasi: Kawasan Objek Wisata Situ Cileunca, Pangalengan Kab. Bandung.

4. Sendang Geulis Kahuripan

Rekomendasi Tempat Wisata
Sendang Geulis Kahuripan

Tempat wisata yang satu ini memang tergolong baru di Bandung. Meski lokasinya berada di pelosok Kabupaten Bandung Barat, namun Sendang Geulis Kahuripan merupakam ikon baru pariwisata Bandung. Bagi sebagian wisatawan yang pernah berkunjung, berasa seperti tempat wisata Umbul Ponggok yang terletak di Klaten, Jawa Tengah.

Jika mau berkunjung ke tempat ini, dikenakan biaya yang sangat murah yaitu Rp10.000,00

Lokasi: Kampung Cilangkop, Desa Ganjarsari Cikalong Wetan, Bandung Barat.

5. Gunung Manglayang

Gunung Manglayang
Gunung Manglayang

Rekomendasi tempat wisata berikutnya adalah Gunung manglayang. Gunung ini menjadi salah satu favorit untuk hiking. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1818 mdpl dan juga menjadi salah satu gunung terangker yang ada di Indonesia. Terlapas dari itu, Gunung Manglayang bertipe Stratovolcano yang terletak di antara Kota Bandung dan Kabupaten Sumedang, Jawa Barat ini memiliki panorama keindahan alam tersendiri, sehingga menjadi daya tarik para wisatawan.

Jika Anda merencanakan hiking bersama pasangan maupun teman, tak perlu khawatir karena Anda tidak dikenakan biaya sepeser pun.

Lokasi: Ciporeat, Kec. Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

6. Kawah Putih Ciwidey

Rekomendasi Tempat Wisata
Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey merupakan tempat wisata di Bandung selatan yang sering menjadi latar film. Pemandangan Kawah Putih yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha memang memiliki pemandangan fotogenik yang terlalu sayang untuk dilewatkan oleh pelancong.

Tarif: Rp18.000,00

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey Patengan Km 11 Bandung, Jawa Barat Indonesia

7. Curug Maribaya

Rekomendasi tempat wisata
Curug Maribaya

Maribaya adalah kawasan wisata alam yang dulunya terkenal dengan pemandian air panasnya. Kini, lokasinya tersebut terdapat beberapa curug/air terjun. Curug yang satu inin memiliki mitos dan cerita mistis. Namun ada yang menarik dari curug ini yakni dipasang jembatan di atasnya.

Tarif: Rp3.000,00

Lokasi: Kampung Cikondang Lamajang Pangalengan, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

8. Green Kenyot Cikahuripan

rekomendasi tempat wisata
Green Kenyot Cikahuripan

Rekomendasi tempat wisata di Bandung berikutnya adalah Green Kenyot Cikahuripan Lembang atau biasa disebut Cikahuripan Lembang. Wisata yang satu ini merupakan salah satu tempat wisata alam yang ada di Lembang. Konon, Cikahurpan termasuk dalam golongan anak sungai Citaru Purba. Sebutan Cikahurpan sendiri berasal dari bahasa Sunda yang bermakna air yang membawa kehidupan.

Sebagian masyarakat mempercayai bahwa air yang ada di sungai ini mempunyai banyak manfaat untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Selain itu, destinasi wisata yang satu ini juga menawarkan keindahan dari tebing-tebing yang berada di sekitaran lokasi wisata.

Tarif: Rp25.000,00

Lokasi: Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published.