Peta pemilihan presiden (Pilpres) mulai menampakkan tiga calon terkuat, yakni Menteri Pertahanan Prabowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ketiganya berpeluang menang bila mampu meningkatkan elektabilitasnya.

Dalam survei yang dilaksanakan Fixpoll Research dan Strategic Consulting pada 16-27 Juli lalu, melalui pertanyaan tertutup Prabowo lebih populer dibanding Ganjar dan Anies. Tingkat elektabilitas Prabowo mencapai 20,7 persen. Tentu, angka ini belum aman. Setidaknya Prabowo harus meraih elektabilitas 40 persen, agar nyaman di puncak.

Sementara, elektabilitas Ganjar mencapai 15,2 persen dan Anies 12,8 persen. Nama keduanya memang populer seiring kerap diberitakan dan menjadi pembicaraan di media sosial. Selain tiga nama itu, menurut Direktur Eksekutif Fixpoll, Muhammad Anas, terdapat nama Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Ketua Umum Partai Demokrat. Masing-masing elektabilitasnya mencapai 7,5 persen dan 6,9 persen.

Menurut Anas, publik memilih mereka karena dianggap berpengalaman dalam bidang politik dan pemerintahan. Responden yang menyatakan hal tersebut mencapai 18,3 persen. Sementara faktor karisma, yang meliputi kecerdasan 16,5 persen, sopan dan berwibawa 15,1 persen, dan peduli rakyat 11,6 persen.

PDIP Masih Teratas

Untuk elektabilitas partai, Fixpoll menemukan PDIP masih menjadi partai dengan elektabilitas tertinggi. Partai berlambang banteng bermoncong putih itu, elektabilitasnya mencapai 24 persen. Sementara Gerindra ada di posisi dua dengan 10,9 persen. Partai Golkar dengan elektabilitas 8,1 persen, ditempel PKB 7,1 persen. Di belakangnya ada Demokrat 6,7 petsen, PKS 5,6 persen.

Dua partai yang dulunya memiliki pengikut atau simpatisan yang besar, yakni PPP dan PAN hanya memiliki elektabilitas 2,9 persen dan 2,6 persen.

Survei Fixpoll tersebut melibatkan 1.240 responden di 34 provinsi, yang dipilih menggunakan metode multistage random sampling. Dengan tingkat akurasi diklaim mencapai 95 persen, dan responden imbang antara laki-laki dan perempuan.

Lalu, siapa yang populer di antara Prabowo, Ganjar, dan Anies? Menurut survei Spektrum Politika Institute nama Ganjar Pranowo menjadi capres yang terkuat. Dan posisi cawapres terkuat adalah Sandiaga Uno.

Dari simulasi Spektrum Politika Institute, responden yang ditanya dengan tiba-tiba selalu menjawab Ganjar kemudian Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Simulasi menunjukkan popularitas Ganjar mencapai 16,9 persen. Mengungguli Prabowo 16,4 persen, dan bahkan mengungguli Presiden Jokowi yang hanya 13,8 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published.