Jakarta (6/12). Piala AFF 2020 (Piala AFF 2021) telah bergulir. Pada gelaran tahun ini, Indonesia tergabung di Grup B bersama Laos, Vietnam, Malaysia, Indonesia, dan Kamboja. Pemain Laos Kydavone Souvanny membuat pernyataan, kualitas Timnas Indonesia berada di level yang lebih rendah dari Vietnam dan Malaysia. Menurutnya, kekuatan Timnas Indonesia sejajar dengan Kamboja.

Pasalnya, Laos akan melakoni debut perdana menghadapi juara bertahan Vietnam, pada Senin (6/12) malam WIB. Pemain berusia 21 itu mengakui Vietnam lawan terkuat yang akan dihadapi Laos di Piala AFF tahun ini. Menurutnya, Vietnam mempunyai pemain berkualitas.

“Malaysia berada di urutan berikutnya. Indonesia dan Kamboja berada di level yang lebih rendah tetapi kita tidak bisa meremehkan mereka,” kata Souvanny dikutip dari VNExpress.

Ia berharap setidaknya timnya bisa meraih satu poin melawan Vietnam, Senin (6/12) malam WIB. “Kami telah mempersiapkan fisik dan taktik untuk pertandingan dengan juara bertahan Vietnam. Laos akan memberikan segalanya dan mudah-mudahan bisa bermain imbang,” ucapnya.

Sementara, juru taktik Laos Vengadasalam Selvaraj juga mengungkapkan timnya tidak beruntung karena harus menghadapi juara bertahan Vietnam di pertandingan perdana Piala AFF 2020.

“Menghadapi Vietnam di game pertama adalah tugas berat dan para pemain tahu itu. Kami akan melakukan yang terbaik dan memberikan semua yang kami miliki,” ungkapnya.

Sepanjang sejarah, Laos telah bermain di Piala AFF 11 kali namun selalu kandas di babak penyisihan grup. Pada Piala AFF 2018 silam, Laos selalu kandas dalam empat pertandingan di babak penyisihan grup.

Sementara pada Piala AFF tahun ini, Laos akan menurunkan banyak pemain muda. Menurut pelatih asal Singapura, Laos juga akan mengandalkan striker keturunan Prancis, Billy Ketkeophomphone.

“Para pemain percaya diri saat ini. Kami senang bermain di Piala AFF dan kami akan mencoba yang terbaik. Tapi jujur, bermain melawan Vietnam akan sangat sulit. Semua orang tahu Vietnam saat ini memiliki skuad berkualitas dan mereka benar-benar hebat dan berbeda,” kata pelatih asal Singapura tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.