Tak lengkap rasanya apabila liburan ke destinasi wisata di Jogja tanpa mencicipi kuliner-kulinernya. Di Jogja sangat terkenal dengan Gudeg nya, sajian masakan manis ini sangat identik dengan Jogja. Kamu dapat menemukan banyak sekali orang berjualan Gudeg di sana. Mulai dari masakan mewah ala hotel dan resto hingga kaki lima.

Kali ini kami akan memperkenalkan kuliner-kuliner Jogja yang ramah di kantong dan terkenal di Jogja selain menu masakan Gudeg. Makanan ini akan sangat cocok bagi kamu yang berlibur di Jogja namun memiliki budget yang terbatas.

Berikut 5 kuliner murah di Jogja mulai dari 6 ribuan paling populer:

  1. Warung Soto Kadipiro

Menu masakan soto juga sangat banyak di Jogja, namun ada salah satu warung soto legendaris yang berdiri sejak 1928. Sempat menjadi trend setter sehingga banyak sekali warung soto Kadipiro lain yang berjamur di Jogja.

Sempat bingung membedakan mana warung soto Kadipiro yang asli, namun ternyata cara membedakannya warung soto Kadipiro bertuliskan “asli” sedangkan yang lain tidak memiliki tulisan tersebut.

Warung ini hanya menggunakan papan kecil berwarna putih untuk menuliskan nama warungnya. Berjalan masuk ke bagian tengah ruangan, empat kayu di empat titik menjulang menyangga bagian atap. Di tembok-tembok penuh dengan kalender-kalender berbagai brand, gambar-gambar wayang, lukisan dan foto pendiri warung, turut dipajang juga kutipan-kutipan kata bijak Jawa. Di bagian plafon digantung beberapa sangkar burung yang tidak ada burung di dalamnya.

Warung soto Kadipiro asli berada di Jalan Wates No. 33, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

 Waktu Buka Soto Kadipiro Asli
Setiap hari pukul 07.30 – 14.00 WIB

Harga Makanan (2018)
Rp3.000 – Rp19.000

Harga Minuman (2018)
Rp4.000 – Rp12.000

2. Mangut Lele Mbah Marto

Foto: Yogyes.com

Pada umumnya mangut lele digoreng lalu diguyur dengan kuah khas mangut. Namun berbeda dengan mangut lele Mbah Marto, diasap bukan digoreng. Tujuannya agar lele lebih tahan lama dan tidak cepat tengik. Sementara itu, bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai merah, kemiri, dan jahe diulek pada cobek batu. Bumbu yang dihaluskan dengan proses ulek tentunya akan mengeluarkan minyak alami dari bahan-bahan mentah yang akan membuat bumbu lebih beraroma.

Memang sedikit kesulitan dalam mencarinya karena berada di tengah-tengah pemukiman warga, tidak ada papan penunjuk jalan jadi mau tidak mau harus tanya warga sekitar. Lokasinya berada di Dusun Ngireng-ireng, Saraban, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta, Indonesia.

Waktu Buka Mangut Lele Mbah Marto
Setiap hari pk 10.00 – 16.00 WIB

Harga Makanan (2018)
Rp10.000 – Rp25.000

Harga Minuman (2018)
Rp2.000

3. Jadah Tempe Mbah Carik

Jadah tempe di Jogja juga sangat banyak, namun ada satu yang sangat terkenal yaitu jadah tempe Mbah Carik. Berlokasi di Jalan Astomulyo, Simpang Lima Wara Kaliurang, Sleman, Yogyakarta, Indonesia.

Jadah tempe adalah masakan baceman, cara memasaknya yaitu parutan kelapa dicampur dengan beras ketan dan bumbu lain sampai rata, kemudian dikukus menggunakan dandang di atas tungku. Setelah dikukus selama satu setengah jam, jadah yang masih setengah jadi diangkat kemudian ditumbuk. Selanjutnya, adonan yang sudah ditumbuk mulai dibentuk hingga jadilah Jadah Mbah Carik yang gurih serta kenyal

Cara memasaknya masih tradisional dengan kayu bakar, sehingga asap dari kayu bakar sangat terasa khas masuk kedalam jadah dan tempe.

Buka setiap hari pukul 07.00 – 18.00 WIB

Harga Makanan
Rp10.000 – Rp25.000

4. Mie Ayam AFUI

Kuliner murah di Jogja berikutnya adalah mie ayam. Makanan yang satu ini sangat terkenal di Indonesia, selain dijual di warung mie ayam juga masih ada yang di jual dengan gerobak dorong. Mia ayam adalah masakan mie dengan kuah khas bumbu mie ayam, sedikit sayur sawi, daun bawang dan ayam sebagai topingnya.

Tak ada salahnya jika kita mencoba menu mie ayam di Jogja. Berada di JL. Tambakbayan, TB VI No. 11, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Indonesia, Mie ayam AFUI menyajikan menu masakan tak lain dan tak bukan yaitu mie ayam. Namun jangan salah warung mie ayam milik Pak Afui dan Bu Yuni, pasangan suami isteri yang berasal dari Palembang yang sudah dirintis dari tahun 2011 ini memiliki khas seperti mie ayam Chinese style, dengan kuah yang dipisah dari mie nya, mie nya mereka buat sendiri lebih tipis, kecil, dan berminyak dibanding mie ayam Wonosari; serta taburan ayam yang kering. Karena banyaknya pelanggan yang sangat menyukai mie ayam AFUI ini, Akhirnya pak Afui menambah menu porsi besar. Dan keputusan ini tidak tanggung-tanggung: dari satu pilihan porsi, menjadi lima pilihan porsi; dari yang kecil sampai porsi jumbo seperti menu monster.

Waktu Buka Mie Ayam Palembang Afui
Setiap hari pk 08.00 – 19.00 WIB

Harga (2018)
Rp7.000 – Rp23.000

5. Ayam Goreng Mbah Cemplung

Kuliner murah di Jogja FOTO: YOGYES.COM

Kuliner murah di Jogja yang satu ini menyajikan menu masakan ayam goreng rumahan dan masih mempertahankan khasnya dari 1980 sampai sekarang.

Warnanya kuning keemasan dan menggugah selera. inilah menu sederhana yang menjadi alasan dibalik melegendanya nama Mbah Cemplung. Gurih dan empuknya daging ayam goreng kampung di sini juga menjadi alasan mengapa banyak orang rela ‘blusukan’ hingga ke kaki Gunung Sempu demi seporsi ayam goreng.

Lokasinya di Sendang Semanggi, Bantul, Yogyakarta, Indonesia. Cobalah mampir maka kamu tidak akan pernah menyesal dengan rasa ayam goreng Mbah Cemplung.

Harga
Rp 25.000 – 45.000 / porsi
Rp 100.000 – 180.000 / ayam utuh

Minum
Rp 3.000 – 7.000

Buka setiap hari
Pk 08:00 – 17:00 WIB

Leave a Reply

Your email address will not be published.