Jakarta (22/12). Menemui anak sakit merupakan hal yang sangat mengkhawatirkan bagi orang tua, terutama seorang ibu. Anak yang sakit merupakan bentuk pertahanan tubuhnya terhadap gangguan virus dari luar atau kelainan genetik dari dalam tubuh. Banyak masyarakat yang belum mengetahui khasiat biang kunyit bagi kesehatan, terutama pada anak-anak.

Sering ditemui pada anak 6-24 bulan bahkan lebih penyakit pencernaan, atau sering disebut GERD pada bayi. Jika menyerang orang dewasa bisa juga disebut seperti maag dan masuk angin, dimana jika bayi mengalami penyakit ini cenderung rewel (kolik), diare, sembelit, muntah-muntah dan perut kembung.

Pada kejadian ini biasanya kita sebagai orang tua panik dan langsung membawa anak ke rumah sakit. Ada beberapa orang tua yang lebih memilih mencoba mengatasinya dengan obat-obatan herbal terlebih dahulu. Salah satu ramuan utama yang dapat membantu anak saat mengalami sakit pencernaan yaitu ‘Biang Kunyit‘.

Biang kunyit adalah tanaman herbal berjenis akar tanah yang sering digunakan untuk membuat ramuan makanan dan jamu. Biang kunyit ini juga dikenal dengan nama ilmiah curcuma longa linn. Tanaman rempah ini memiliki ciri khas berwarna jingga terang saat dibelah.

Melansir dari buku berjudul 56 Makanan Ajaib dan Manfaatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan, karya Yusuf CK Arianto, kunyit kaya akan vitamin C dan protein. Selain itu, kunyit juga mengandung kurkumin, minyak atsiri, fosfor, zat besi, dan kalsium.

Rekomendasi penggunaan kunyit biang pada balita yaitu dengan resep sebagai berikut:

  • Cuci bersih kunyit biang, lalu kupas menggunakan pisau yang sudah dibersihkan terlebih dahulu.
  • Parut kunyit menggunakan parutan keju atau parutan kelapa,
  • Bubuhkan sedikit air minum pada hasil parutan tadi, dan berikan sedikit madu supaya terasa manis saat diminumkan ke anak
  • Saring ramuan kunyit tadi untuk diminumkan ke anak. Disarankan membuatnya 1-2 sendok makan saja supaya ramuannya kental.

Ramuan kunyit biang ini terbukti efektif untuk menurunkan demam yang disebabkan oleh gangguan pencernaan. Sudah terbukti cocok di beberapa balita yang mengalami mual muntah, masuk angin dan kolik, dapat membaik setelah diminumkan dalam kurun 1×24 jam.

Khasiat Biang Kunyit Pun Manjur Pada Orang Dewasa

Dilansir dari kesehatan.kontan.co.id, kunyit dan madu juga memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi orang dewasa, yaitu:

  1. Meningkatkan sistem imun
    Salah satu manfaat minum kunyit dan madu yang bisa kita dapatkan adalah meningkatnya sistem imun. Sebab, baik kunyit maupun madu sama-sama memiliki sifat antioksidan dan antiperadangan. Sifat-sifat tersebut akan membantu tubuh lebih siap dalam menghadapi serangan berbagai penyebab penyakit mulai dari bakteri hingga virus.
  2. Menurunkan kolesterol
    Kunyit maupun madu juga sama-sama dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL di tubuh. Tingginya kadar kolesterol merupakan faktor risiko utama terjadinya penyakit jantung dan stroke.
  3. Menyehatkan paru-paru
    Rutin mengonsumsi kunyit juga dinilai baik untuk kesehatan paru-paru. Rempah yang satu ini disebut berpotensi meredakan gejala penyakit paru kronis. Bahkan menurut penelitian, kunyit juga bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif pengobatan untuk asma, fibrosis paru, hingga penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat minum kunyit yang satu ini.
  4. Menjaga daya ingat
    Madu mengandung polifenol yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak yang berkaitan dengan daya ingat secara signifikan. Sementara itu, antioksidan yang teradapat pada kunyit mencegah terjadinya penyakit Alzheimer. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit degeneratif yang paling banyak terjadi dan membuat pengidapnya pikun.
  5. Baik untuk pengidap diabetes
    Manfaat minum kunyit dan madu untuk para pengidap diabetes juga tak kalah baiknya. Kunyit dinilai dapat membantu mencegah terjadinya kenaikan gula darah dan mengurangi risiko terjadinya komplikasi diabetes seperti diabetic nephropathy atau penyakti ginjal diabetes. Namun peran kunyit tersebut baru didapatkan dari penelitian menggunakan hewan uji. Hingga saat ini, penelitian secara klinis di manusia masih perlu lebih banyak dilakukan.
    Sementara itu, madu bisa menjadi alternatif pemanis yang sedikit lebih sehat dibanding gula.
  6. Meredakan peradangan
    Baik kunyit maupun madu sama-sama mengandung bahan antiperadangan yang menyehatkan untuk tubuh. Kandungan antiinflamasi dalam kunyit bahkan disebut dapat menjadi alternatif obat antiradang seperti ibuprofen. Namun, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan. Beberapa kondisi peradangan di tubuh yang dinilai bisa diredakan oleh kunyit antara lain radang sendi atau arthritis, penyakit radang usus, dan radang pankreas.
  7. Menjaga kesehatan kulit
    Kandungan antioksidan pada kunyit dapat membantu melindungi kulit dari paparan radikal bebas berlebih. Radikal bebas adalah salah satu penyebab terjadinya penuaan dini di kulit.
  8. Membantu meredakan batuk
    Campuran kunyit dan madu juga sangat baik bagi anak untuk meningkatkan sistem pertahanan tubuh sekaligus meredakan batuk. Di sebuah penelitian yang dilakukan pada 300 orang anak berusia 1-5 tahun, madu terbukti bisa meredakan batuk yang menyerang di malam hari, sehingga membantu memperbaiki kualitas tidur anak-anak tersebut.
  9. Mencegah kanker
    Manfaat minum kunyit dan madu yang terakhir adalah mencegah kanker. Sifat antiperadangan dan antioksidan yang dimiliki oleh keduanya berperan besar untuk mendapatkan khasiat yang satu ini. Meski alami, kunyit dan madu tetap bisa memicu alergi bagi beberapa orang. Sehingga, kita tetap perlu berhati-hati dalam mengonsumsinya. Apabila memiliki riwayat penyakit tertentu, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter apabila ingin mengonsumsi campuran kunyit dan madu sebagai obat atau suplemen. Sebab, bahan-bahan ini bisa saja mengganggu kerja obat yang sedang rutin diminum.
Penulis:
Tiya Inggriyani Setiyo

Leave a Reply

Your email address will not be published.