Jakarta (17/12). Untuk meningkatkan pergerakan wisatawan, Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan AirAsia Indonesia membuat bundling package hotel dan tiket pesawat. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menyaksikan secara langsung kerja sama tersebut. Kerja sama tersebut untuk mendorong permintaan masyarakat, untuk berwisata pada era new normal dengan aman dan nyaman.

Ketua Umum PHRI Hariyadi Sukamdani dan Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine Sinaga meneken kerja sama tersebut pada Rabu (16/12) di Hotel Sahid Jakarta. Menparekraf Wishnutama Kusubandio, mengatakan, kerja sama antara PHRI dan AirAsia Indonesia merupakan bentuk inisiatif dan inovasi dari industri dalam mendukung sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk bisa bangkit kembali.

Kerja sama PHRI dan AirAsia Indonesia secara umum berisi upaya peningkatan pergerakan wisatawan domestik melalui bundling package hotel dan tiket pesawat. PHRI akan menyertakan harga-harga terbaik dari anggotanya untuk di-bundling dengan harga tiket pesawat AirAsia. Masing-masing pihak lalu mendistribusikan paket harga tersebut melalui jejaring bisnis masing-masing pihak. Masyarakat mulai dapat memesan paket tersebut, mulai kuartal I tahun 2021 atau pada saat low season.

Wishnutama mengatakan, walaupun pariwisata saat ini sangat terdampak namun pada masa depan justru bisa menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. Terutama keberadaan wisatawan nusantara yang menopang 80 persen pasar domestik.

Terlebih tahun lalu terdapat 7 juta wisatawan Indonesia yang pergi ke luar negeri dengan jumlah pengeluaran yang cukup besar, “Ini peluang yang sebenarnya belum kami gali. Oleh karena itu, sementara perbatasan belum dibuka, kami fokus kepada wisatawan nusantara,” kata Wishnutama.

Sementara itu, Ketua Umum PHRI, Hariyadi Sukamdani, mengatakan, kerja sama ini merupakan upaya bersama untuk menciptakan penawaran baru bagi masyarakat. Agar mereka yang semula masih ragu untuk bepergian, mulai melakukan perjalanan dengan protokol kesehatan.

Dalam kerja sama ini sekitar 5.000 anggota PHRI akan memberikan rate terbaik dan begitu juga dengan AirAsia Indonesia,”Sektor perhotelan dan restoran saat ini sangat siap menerima kembali tamu dan pelanggan karena kami telah memiliki protokol kesehatan dan sertifikat CHSE. Kami ingin secara agresif memulihkan sektor pariwisata. Kerja sama serupa juga akan kami lakukan dengan maskapai lain ke depannya,” kata Hariyadi Sukamdani.

AirAsia dan PHRI bekerja sama membuat paket penawaran pariwisata yang terjangkau masyarakat.
Penandatanganan kerja sama paket wisata antara PHRI dan AirAsiaIndonesia pada Rabu, 9 Desember 2020, di Kementerian Pariwisata. Dok. Kemenpar

Dalam kerja sama ini hotel anggota PHRI akan mendapatkan inventori AirAsia dengan harga terbaik. Lalu mengkombinasikannya dengan inventori kamar hotel, sebagai paket yang menarik.

“Total saat ini rute kami sebanyak 22 jalur domestik dan kami akan terus melihat peluang untuk meningkatkan frekuensi penerbangan dalam melayani lebih banyak lagi masyarakat Indonesia bepergian di dalam negeri. Kami berharap bersama PHRI dapat memulihkan pariwisata nasional,” kata Veranita Yosephine Sinaga, Direktur Utama AirAsia Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.