Pembalap MotoGP Valentino Rossi kedapatan berlibur dengan kekasihnya Francesca Sofia Novello di Hvar, Kroasia. Selain Rossi, banyak pesohor yang pelesiran ke Hvar. Lalu apa istimewanya kota pantai di Kroasia itu.

Menurut situs hvarinfo.com, Pulau Hvar merupakan destinasi wisata utama Kepulauan Dalmatian di Kroasia. Hvar merupakan wilayah bersejarah, yang menjadi persinggahan armada dagang yang melintasi Laut Mediterania. Tak aneh bila, kota kecil itu memiliki koleksi gedung-gedung bersejarah, budaya yang unik, serta disebut-sebut dalam berbagai karya sastra.

Selain warisan sejarah, Hvar disukai karena memiliki iklim yang sejuk, musim dingin yang hangat dan musim panas yang menyenangkan. Hvar menjadi destinasi wisata utama, selain didatangi turis, wilayah itu terbuka untuk peneliti, arkeolog, dan berbagai ilmuwan dari disiplin ilmu. Selain itu, kehidupan malam di Hvar juga meriah.

Hal yang menarik lainnya, Hvar memiliki udara yang bersih. Pasalnya, tak ada cerobong asap pabrik ataupun lalu lintas kendaraan bermotor yang padat. Sebaliknya, dataran Hvar banyak berhias dengan ladang lavender yang luas, pohon zaitun kuno dan kebun anggur. Resto-resto di Hvar memiliki cita rasa kelas atas, karena memanfaatkan anggur dan zaitun itu. Bahkan di losmen-losmen atau penginapan kecil, hidangan lezat berbahan anggur dan zaitun juga mudah ditemukan.

Hvar telah menjadi destinasi pariwisata yang terorganisir sejak 140 tahun lalu. Dan kini, pulau itu menjadi salah satu dari 10 pulau terindah di dunia, yang menjadikan para tamu diperlakukan sebagaimana tamu.

Destinasi Wilata Hvar

Wisata bahari menjadi unggulan Hvar, pulau itu menawarkan wisata perahu ke Kepulauan Pakleni, pantai berpasir di dekat Jelsa, kota kuno Stari Grad. Wilayah itu memiliki bangunan-bangunan kuno, yang bersebelahan dengan fasilitas modern.

Pantai-pantai berair bening toska, dapat dinikmati dari bawah rindangnya pepohonan pinus. Turis bisa bersantai dengan suasana eksotis di tebing selatan Ivan Dolac, Sveta Nedjelja atau MIlna, yang menyajikan suasana “Venesia kecil” di Vrboska. Terdapat pula teluk terpencil di dekat Zastrazisce, Gdinj dan Bogomolje, yang sepi dari kunjungan wisatawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.