Gedung-gedung jangkung tak hanya jadi penanda kota. Kini, gedung-gedung itu menjadi idaman lain para pelancong. Yup, tentu saja menginap di ketinggian, sembari menikmati lanskap kota. Menangkap bisnis pariwisata yang mulai menggeliat usai mati suri akibat pandemi Covid-19, Beijing membuka J Hotel Shanghai Tower, pada 19 Juni.

Ia bukan sekadar properti kelas atas. Hotel itu diklaim sebagai hotel tertinggi di dunia. J Hotel menempati lantai atas Menara Shanghai setinggi 632 meter. Menara Shanghai sendiri bereputasi sebagai gedung tertinggi di seluruh China.

J Hotel Beijing memiliki 165 kamar, 34 di antaranya adalah suite. Ada layanan pelayan pribadi 24 jam selama tujuh hari, kolam renang dalam ruangan, perlengkapan mandi dari Hermes and Diptyque, bathtub berbentuk kelopak magnolia, spa mewah dengan fokus pada perawatan Reiki, dan satu set peralatan minum sekaligus teh Cina yang lengkap pada setiap kamar.

Hotel ini memiliki empat kamar tipe suite. Di antara keempatnya, yang paling mahal adalah Shanghai Suite seluas 380 meter persegi. Selain kamar tidur, suite ini juga memiliki ruang tamu, ruang belajar, dapur, area fisioterapi, dan kamar khus untuk pakaian. Soal biaya menginap per malamnya, belum diumumkan kepada publik

Sementara kamar paling murah sekitar 3.601 RMB (U$557) per malam, sedangkan J Suite — satu tingkat lebih murah dari Shanghai Suite — berharga 67.628 RMB per malam (US$10.467).

Ada juga tujuh tempat makan yang berbeda di dalam hotel. Salah satunya restoran hidangan Kanton bernama Heavenly Jin di lantai atas (lantai 120). Ada juga restoran yang menawarkan makanan Jepang, makanan Italia, dan untuk minum teh saat sore.

Tren Hotel Tertinggi di Dunia

J Hotel dimiliki oleh Jin Jiang International, salah satu perusahaan hotel dan pariwisata milik negara terbesar di China. Meskipun bisnis pariwisata global melambat di tengah pandemi virus corona, persaingan untuk hotel terbaru, terbaik, dan tertinggi terus berlangsung.

Ritz Carlton di Hong Kong mengklaim memiliki kolam renang hotel di lokasi tertinggi dan bar hotel tertinggi di dunia. Di Dubai, ada pertempuran yang sedang berlangsung untuk gelar hotel tertinggi di kota dan di planet ini. Hotel Gevora setinggi 356 meter (1.168 kaki) secara resmi diakui sebagai hotel tertinggi di dunia oleh Guinness Book of World Records pada tahun 2018.

Perlu dicatat bahwa gelar hotel tertinggi biasanya hanya diterapkan pada bangunan yang digunakan sepenuhnya sebagai hotel, tidak seperti J Hotel, yang hanya menempati bagian atas Menara Shanghai. Di bawah Hotel Gevora adalah Menara Ciel yang masih dalam pembangunan, yang akan memiliki 1.042 kamar dan mencapai ketinggian 360,4 meter ketika selesai.

Tidak seperti beberapa hotel lain dalam daftar ini. Hotel Ciel (bahasa Prancis untuk “langit”) direncanakan memiliki dek observasi atap kaca. Dek observasi itu memungkinkan pelancong untuk menikmati pemandangan dari atas hotel itu, tanpa harus menginap di hotel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.