Yogyakarta (25/5). Apa yang Anda tahu tentang Yogyakarta? tentu Anda tahu Yogyakarta adalah kota yang dijuluki sebagai kota pelajar. Kota yang memiliki keistimewaan ini tak pernah sepi oleh kunjungan wisatawan. Terdapat pantai bagus di Jogja yang menarik perhatian para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Alasan mengapa wisatawan banyak tertarik di Jogja, salah satunya adalah penduduk yang ramah-ramah dan banyaknya destinasi wisata yang menarik. Pantai bagus di jogja yang bernuansa alam membuat kebanyakan orang menghabiskan waktu liburannya di sana.

Tidak hanya Candi Prambanan dan Kawasan Malioboro yang menjadi incaran para wisatawan, namun masih banyak destinasi menakjubkan yang wajib dikunjungi. Berikut beberapa rekomendasi wisata pantai bagus di Jogja yang wajib Anda kunjungi bersama orang tersayang. Sebab selain memiliki pemandangan yang eksotik, rekomendasi pantai bagus di Jogja ini juga memiliki akses yang sangat mudah.

1. Pantai Jogan

Lokasi: Purwodadi, Tepus, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Jogjasuper.co.id

Ingin menikmati pantai bagus di Jogja? Yang wajib Anda kunjungi salah satunya adalah Pantai Jogan yang terletak di Gunung Kidul. Pantai yang sekaligus air terjun ini memiliki ketinggian 10 meter. Air terjun ini bersumber langsung dari bukit Karet yang terdapat di sekitar pantai itu sendiri. Yang unk dari air terjun ini alirannya langsung jatuh ke pantai.

Selain nuansa alam pantai yang unik karena tebing pegunungan kapur yang tinggi mengelilingi Pantai Jogan. Pemandangan eksotik air terjun menambah indah panorama alam Pantai Jogan.

2. Pantai Indrayanti

Lokasi: Ngasem, Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Gudeg.net

Pantai Indrayanti merupakan salah satu pantai bagus di Jogja, pantai yang satu ini juga terletak di Gunung Kidul yang memiliki hamparan pasir putih dan air laut yang sangat jernih. Destinasi yang satu ini sangat sayang untuk dilewatkan bila liburan ke Jogja.

Berbagai fasilitas seperti persewaan jetsky, restoran dengan hidangan khas pantai hingga cottage atau penginapan untuk tempat bermalam, semua ada di Pantai Indrayanti. Selain panorama yang indah dan fasilitas beragam, pantai yang satu ini memiliki harga tiket masuk yang sangat murah.

3. Pantai Nglambor atau Lambor

Lokasi: Purwodadi, Kec. Tepus, Kab.Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Awasanton.blogspot.com

Pantai bagus di Jogja berikutnya adalah Pantai Nglambor yang berada tak jauh dari Pantai Jogan. Bagi pecinta snorkeling, pantai ini adalah salah satu rekomendasi yang wajib Anda kunjungi.

Pantai Lambor ini berbeda dengan kebanyakan pantai yang ada di Gunung Kidul, selain panorama yang indah, ombak di pantai ini cenderung jauh lebih tenang. Pantai Lambor ini juga memiliki wisata bawah laut yang eksotis. Banyaknya biota laut seperti ikan kecil, terumbu karang yang cantik menjadi alasan para wisatawan harus snorkeling.

4. Pantai Siung

Lokasi: Duwet, Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Eksotisjogja.com

Pantai bagus di Jogja lainnya adalah Pantai Siung. Pantai ini memiliki banyak medan panjat tebing dengan ketinggian dan kesulitan yang beragam. Bahkan pantai ini juga sering menjadi tempat perlombaan panjang tebing tingkat nasional maupun internasional.

Tempatnya berada di atas tebing yang tinggi, para wisatawan dapat menikmati pemandangan yang tak kalah indah dibanding pantai-pantai bagus di Jogja lainnya. Bagi wisatawan yang tidak mampu memanjat tebingnya, bisa bermain di pantainya. Pantai ini juga menyediakan camping area untuk mendirikan tenda.

5. Pantai Timang

Lokasi: Jawa, Pantai, Purwodadi, Tepus, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Piknikasik.com

Berikut ini termasuk pantai bagus di Jogja yang tak kalah eksotis yaitu Pantai Timang. Destinasi satu ini juga terletak di Gunung Kidul, panoramanya sangat indah. Banyak para wisatawan yang ingin mengunjunginya. Di sini juga terdapat pulau kecil bernama Pulau Timang. Pulau ini terbentuk dari bongkahan batu-batuan dengan tebing yang sangat curam.

Untuk dapat mengunjungi pulai yang satu ini, Anda harus naik/sewa gondala tradisional. Berada di atas gondala dengan ketinggian 9-11 mdpl, Anda dapat menikmati panorama pantai yang indah. Bukan hanya itu, ketika berada di Pulau Timang Anda akan menjumpai banyak lobster.

6. Pantai Glagah

Lokasi: Glagah, Temon, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Jogjaland.net

Pantai Glagah merupakan pantai bagus di Jogja yang terletak di Kabupaten Kulon Progo. Pantai yang satu ini memiliki hamparan pasir hitam dan juga memiliki banyak keunikan. Salah satunya terdapat tetrapod yang bisa memecah ombak laut selatan. Jika Anda berdiri di dekat tetrapod, Anda merasakan langsung deburan ombak khas Pantai Glagah yang besar.

Selain itu, Pantai Glagah dilengkapi dengan laguna yang indah dan luas yang menambah estetika pantai itu sendiri. Tidak hanya itu, wisatawan bisa bermain perahu bebek, kano, dan juga bermain sampan untuk mengelilingi laguna pantai. Anda juga dapat menelusuri setiap sudut pantai menggunakan ATV, atau mengunjungi perkebunan buah yang berada di dekat pantai.

7. Pantai Goa Cemara Bantul

Lokasi: Patihan, Gadingsari, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.- Image Credit by Jogjaland.net

Pantai bagus di jogja berikutnya adalah Pantai Goa Cemara Bantul, namanya unik karena terdapat banyak tumpukan pohon cemara yang membentuk seperti goa. Destinasi yang berlokasi di Kabupaten Bantul ini unik, pasalnya terdapat mulut goa yang menghubungkan ke bibir pantai.

Pantai Goa Cemara Bantul ini memang terkesan seperti hutan. Bahkan salah satu pengaturan pantai ini mirip seperti yang ada di film Twilight. Tempat ini cocok buat Anda yang mau terhindar dari cuaca panas khas pantai.

8. Pantai Depok

Lokasi: Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Holobis.net

Pantai Depok merupakan salah satu destinasi wisata bagus di Jogja yang tak kalah menakjubkan. Sebab pantai ini menawarkan hidangan khas pantai. Pantai yang terletak di Kabupaten Bantul ini selain menyajikan pemandangan yang indah, juga merupakan tempat kuliner laut yang memanjakan lidah.

Pantai ini terdapat pasar ikan yang menjadi pelelangan hasil tangkap laut seperti cumi, ikan, karang, cumi dan lain-lain. Para wisatawan juga bisa belanja beragam tangkapan laut di sini, dan bisa meminta tolong pemilik lapak untuk mengolah ikan tersebut.

9. Pantai Sepanjang

Lokasi: Ngalos, Kemadang, Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Sewamotordijogja.com

Pantai Sepanjang, namanya yang unik dikarenakan memiliki garis pantai yang sangat panjang. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang indah, batu karang yang eksotis dan juga biota laut yang beragam merupakan daya tarik dari Pantai Sepanjang.

Selain itu, pantai ini memiliki pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Anda juga dapat bermain air di antara batu karang saat air surut. Yang khas dari pantai ini adalah Anda dapat menikmati indahnya sunset pada sore hari.

10. Pantai Krakal

Lokasi: Ngestirejo, Kec. Tanjung Sari, Kab. Gunungkidul, Daetah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Pegipegi.com

Pantai Krakal ini memiliki ciri khas berupa dua batu karang yang besar. Pantai ini merupakan destinasi pantai bagus di Jogja yang wajib dikunjungi. Dua batu karang ini memiliki warna hitam dan kontras dengan hamparan pasir pantai. Selain itu, batuan iini juga menjadi pembatas antar pantai.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Krakal, seperti surfing dan snorkeling menikmati pemandangan bawah laut yang indah atau menikmati panorama sunset dan sunrise. Untuk fasilitasnya sudah cukup lengkap, mulai dari restoran dengan menu khas pantai sampai penginapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.